Travel

Masjid Al Safar Mesjid Unik di Rest Area Cipularang KM 88

Ditulis oleh Royadi

Masjid Al Safar adalah sebuah masjid yang berdesain unik di rest area KM 88B atau dari arah Bandung menuju ke Jakarta. Mesjid ini menjadi salah satu ikon tol Cipularang yang paling terbaru, Arti dari Al Safar adalah perjalanan.

Masjid Al Safar Rest Area 88B benntuknya mirip topi adat sunda ( foto credit : IG @dudisugandi )

Masjid yang merupakan hasil desain dari Wali Kota Bandung bapak Ridwan Kamil memiliki desain cukup unik sekilas dari kejauhan tidak nampak itu merupakan sebuah masjid desain bentuknya mirip topi adat Sunda.

Masjid Al Safar dari dilihat dari atas ( foto credit IG @dudisugandi )

Masjid Al Safar yang diresmikan pada tanggal 19 Mei 2017 oleh Jasa Marga yang juga dihadiri oleh Kang Emil memiliki luas 6.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 1.200 jemaah, yang diklaim sebagai masjid terbesar yang ada di rest area se-Indonesia.

Untuk fasilitasnya tergolong lengkap mesjid ini terdapat toilet, tempat wudhu serta taman dan kolam yang menambah sejuk.

Interior masjid Al Safar rest area 88B Cipularang ( foto credit : IG @reezqii )

Interior masjid Al Safar rest area 88B Cipularang ( foto credit IG @ismethumadi )

Terdapat tulisan kaligrafi pada salah satu spot di dinding yang menmbah keindahan interiormesjid Al Safar.

Interior masjid Al Safar rest area 88B Cipularang ( foto credit IG @ismethumaedi )

Untuk desain mimbarnya juga unik tidak seperti mesjid pada umumnya, dekat area mimbar berbentuk segitiga yang mengerucut, terdafat kaligrafi bahas Arab di atas dan di pojok area mimbar.

Interior mimbar masjid Al Safar rest area 88B Cipularang ( foto credit IG @ismethumaedi )

Sesuai dengan namanya, Al Safar atau perjalanan, dengan kehadiran masjid ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengguna tol yang sedang beristirahat melepas lelah sekaligus untuk beribadah di rest area KM 88B Cipularang Purwakarta.

Selain Masjid di rest area 88B Cipularang ini rencananya Jasa Marga akan membangun dan mengembangkan fasilitas lagi agar lebih ramai dan mendukung kelancaran di jalan tol.

Tentang Penulis

Royadi

Berikan Komentar